Kawasan Ruang Terbuka Hijau Terbaik yang Ada di Ancol

Allianz Ecopark, Faunaland, hingga Pantai Indah Ancol merupakan beberapa kawasan ruang terbuka hijau di Jakarta. Ketiga kawasan tersebut, terletak di Taman Impian Ancol. Para pengunjung tidak bisa sembarangan masuk ke dalam kawasan tersebut.

Ada beberapa aturan yang berlaku untuk bisa memasuki kawasan wisata ancolmall jakarta. Ruang hijau di Ancol tersebut cocok untuk dijadikan tempat lari dari kepenatan aktivitas. Jika berminat mengunjunginya, simak informasi lengkap seputar 3 kawasan hijau di Ancol tersebut berikut ini.

Ruang Terbuka Hijau di Jakarta

Allianz Ecopark

Allianz Ecopark merupakan kawasan hijau dengan luas hingga 34 hektar. Sebelumnya, lokasi ini digunakan sebagai lapangan golf Ancol. Dengan kawasan yang begitu luas, pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas, bahkan sampai menginap.

Pengunjung juga akan diajak untuk mengenal dan belajar tentang seluk beluk botani. Allianz Ecopark juga menjadi tempat yang cocok untuk belajar hidup sehat dengan lingkungan hijau. Tidak hanya mengenal botani, kawasan hijau ini juga memiliki berbagai aktivitas unggulan lainnya.

Setiap aktivitas di kawasan ini berada dalam berbagai zona yang berbeda. Beberapa zona tersebut yakni, zona eco art, zona eco nature, zona care, serta yang terbaru zona eco energy. Adapun aktivitas yang bisa dilakukan di berbagai zona tersebut diantaranya:

 Berkunjung ke Rumah Lebah

Melalui wahana ini, pengunjung akan mendapatkan pengalaman mengenal lebah lebih dekat. Pengunjung ditemani oleh para tutor yang akan menjelaskan semua hal tentang lebah. Adapun edukasi yang didapatkan pengunjung melalui wahana ini diantaranya:

  • Mempelajari tentang lebah, mulai dari jenisnya, cara hidupnya, manfaat lebah bagi kehidupan manusia, hingga tugas-tugas lebah dalam koloninya.
  • Mengetahui penanganan pertama yang harus dilakukan ketika seseorang tersengat lebah.
  • Mempelajari cara memanen madu langsung dari sarang lebah tanpa merusak sarang tersebut.

Bersepeda di Jalur Eco-Bike

Sebagai salah satu ruang terbuka hijau di Jakarta, Allianz Ecopark menawarkan pengalaman bersepeda yang tidak biasa. Jika pengunjung lebih sering menggunakan sepeda di perkotaan ditemani polusi udara, maka disini pengunjung bisa bersepeda di lahan hijau luas.

Berolahraga sambil melihat pemandangan hijau asri akan membuat pikiran menjadi tenang. Pengunjung bebas melakukan kegiatan bersepeda di sepanjang jalur Eco-bike. Jalur sepeda ini dapat digunakan oleh siapapun. Bisa mengendarai sepeda tentu saja menjadi syarat utamanya.

Berkeliling Ecopark dengan Sepeda Air

Wahana yang satu ini akan menjadi wahana kegemaran anak-anak. Para pengunjung yang membawa serta buah hatinya, tidak boleh melewati wahana yang satu ini. Namun sayangnya, wahana ini hanya buka di akhir pekan. Beberapa informasi lain tentang wahana ini, di antaranya:

  • Mulai dibuka setiap weekend, pada pukul 08.00 WIB hingga 14.30 WIB.
  • Pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp35.000 untuk 15 menit bermain.
  • Setiap pengunjung yang menaiki wahana ini, akan diberi alat perlindungan berupa jaket pelampung.
  • Dapat dinaiki oleh siapapun tanpa minimal tinggi badan.
  • Pengunjung anak-anak harus diawasi dan ditemani oleh orang tua.

 Berkemah di Allianz Campark

Keunggulan dari ruang terbuka hijau di Jakarta yang ada di Allianz Ecopark ini yakni, kawasan Campark. Wahana ini menjadi salah satu kawasan baru di Allianz Ecopark. Dengan berkunjung ke hostel ini, para pengunjung akan mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda.

Paket yang tersedia mulai dari unit camp untuk 4 orang, hingga paket untuk 8 orang. Pengunjung akan menginap dalam hostel dengan konsep kemah. Adapun fasilitas yang didapatkan dengan tarif mulai Rp650.000 untuk satu malamnya, yakni sebagai berikut:

  • Tiket masuk kawasan Ancol untuk 4 orang.
  • 1 unit camp dengan 4 tempat tidur susun.
  • Sebuah pendingin ruangan 2pk.
  • Sebuah smart TV dengan ukuran 32’.
  • Setiap tempat tidur memiliki stop kontak.
  • Matras lantai.
  • Keran di depan unit camp.

Pantai Indah Ancol

Pantai Indah Ancol merupakan salah satu dari beberapa kawasan pantai yang ada di Ancol. Kawasan pantai yang satu ini juga menjadi salah satu kawasan ruang terbuka hijau di Jakarta. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang menyegarkan.

Pasir putih membentang di sepanjang pantai, meskipun tidak seluas kawasan pantai lagoon. Selain itu, pantai ini juga dijadikan tempat beragam festival. Tidak heran jika kawasan pantai indah Ancol selalu ramai oleh pengunjung.

Berbagai keunggulan lain dari kawasan pantai ini di antaranya:

  • Deretan pohon rindang tumbuh di sepanjang pinggir pantai sehingga kerap dijadikan tempat bersantai oleh pengunjung.
  • Dekat dengan lokasi hotel sehingga pengunjung yang menginap bisa sampai dengan cepat ke kawasan pantai ini.
  • Dekat juga dengan lokasi mall dan food court. Jadi pengunjung tidak perlu jauh-jauh jika ingin mencari makanan.
  • Beberapa restoran juga sengaja meletakkan tempat duduk diluar ruangan sehingga pengunjung bisa merasakan suasana pantai sambil menyantap makanan lezat.

Faunaland Ancol

Sesuai namanya, Faunaland merupakan kawasan hijau terbuka yang juga diisi dengan beragam jenis hewan. Pengunjung bisa menikmati udara segar dari tumbuhan hijau, sekaligus berinteraksi dengan hewan.

Kawasan ruang terbuka hijau di Jakarta yang satu ini memiliki berbagai aktivitas yang unik dan seru. Aktivitas-aktivitas inilah yang membedakannya dengan kebun binatang yang lain. Adapun berbagai aktivitas seru diantaranya, sebagai berikut:

  • Mengusung konsep alam Papua, mulai dari tema di setiap zonanya hingga lagu yang terdengar dari pengeras suara. Jadi,
  • pengunjung akan merasakan pengalaman seru, layaknya berkunjung ke kawasan hutan Papua.
  • Lebih dekat dengan singa putih sebab kawasan ini memiliki kandang singa yang dikelilingi kaca tebal sehingga pengunjung bisa lebih dekat melihat hewan buas tersebut. Pengunjung juga bisa langsung memberikan hewan ini makanan, sesuai petunjuk dan diawasi sang keeper.
  • Menikmati Faunaland dari atas sampan, wahana yang tepat untuk berlayar sambil menyaksikan lingkungan asri yang ada di kawasan ini.
  • Bertemu dengan beragam jenis hewan dengan keunikannya masing-masing.
  • Berkunjung ke pulau burung, dimana pengunjung bisa bercengkrama dengan berbagai jenis burung secara langsung.
  • Istirahat dibawah pohon rindang, sebab setiap pohon dilengkapi dengan beberapa kursi di bawahnya.

Hal-Hal Lain yang Perlu Diketahui

Semenjak pandemi, Ancol sebagai tempat wisata yang menampung 3 kawasan tersebut memiliki peraturan untuk setiap pengunjung. Peraturan paling utama yakni, pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di kawasan wisata Ancol.

Pengunjung harus memiliki sertifikat dosis vaksin, minimal dosis pertama. Kemudian, ketika masuk ke kawasan melalui pintu gerbang, setiap pengunjung harus bebas covid-19. Hal tersebut ditunjukkan dengan tanda hijau di akun Peduli Lindungi ketika pengunjung melakukan check-in.

Setiap pengunjung harus membeli tiket secara online. Pihak manajemen Ancol tidak lagi menyediakan tiket melalui loket penjualan tiket yang ada. Jadi, sebelum mengunjungi Ancol, pengunjung memesan tiket di website resmi, kemudian pilih jenis kawasan yang ingin dikunjungi.

Setiap kawasan memiliki tarif tiket yang berbeda-beda. Setelah itu, pilih tanggal kunjungan dan lakukan pembayaran. Pengunjung harus datang sesuai tanggal yang telah dipesan. Jika tidak, maka tiket akan hangus.

Kawasan ruang terbuka hijau di Jakarta yang ada di Ancol, menjadi pilihan yang tepat untuk melepas lelah. Pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas bermanfaat di kawasan-kawasan tersebut.